8 Makanan Ini Baik Dikonsumsi untuk Penderita Asam Lambung

Bagi penderita asam lambung, tak bisa sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Pasalnya, salah-salah dalam memilih makanan bisa membuat produksi asam lambut menjadi menigkat dan memperparah keluhannya. Ada beberapa makanan yang bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung adalah cokelat, makanan berlemak tinggi, makanan pedas, buah yang asam, bawang putih dan lain sebagainya.

Terjadinya asam lambung ini disebabkan oleh bakteri bernama Helicobacter pylori. Inilah yang kemudian membuat penderita asam lambung sering mendapatkan resep antibiotik dan penekan asam oleh dokter. Namun, kamu tak melulu mengonsumsi obat untuk meredakan rasa nyerinya.

Penderita asam lambung disarankan untuk mempertimbangkan makanan yang dapat mengurangi rasa nyeri lambung. Ya, ternyata ada beberapa makanan yang bisa menekan bakteri tersebut. Berikut Liputan6.com, telah merangkum dari berbagai sumber beberapa makanan yang bisa membantu menyembuhkan dan mencegah asam lambung.
Sayuran Hijau

Apabila kamu memiliki asam lambung, disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau. Deretan sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, dan buncis.

Di antara semua sayuran hijau tersebut, memiliki kandungan yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung, serta menyehatkan sistem pencernaan. Sayuran ini memilki tingkat asam yang rendah. Selain itu, sayuran hijau ini dapat menenangkan lapisan esofagus.

Roti Gandum

Bagi penderita asam lambung, pilihan roti yang disarankan adalah roti yang terbuat dari gandum atau mengandung ragam biji-bijian di dalamnya, Roti jenis ini mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

Pisang

Pisang memiliki kandungan kalium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan pH atau derajat keasaman di dalam lambung. Di sini pisang mampu memberi rasa kenyang sehingga sangat baik untuk dikonsumsi di antara waktu makan. Selain itu, pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres.

Putih Telur

Telur dikenal sebagai sumber protein tinggi yang bagus untuk memenuhi asupan 4 sehat 5 sempurna. Dibalik manfaat baiknya tadi ternyata putih telur sangat baik untuk menenangkan asam lambung yang tinggi. Namun hindari bagian kuning telurnya jika tidak ingin memicu gejala maag yang tidak menyenangkan.

Lemak Sehat

Jenis lemak yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh ini juga bagus banget untuk asam lambung nih. Kamu bisa coba mengkonsumsi alpukat, kenari atau menambahkan minyak zaitun dan minyak wijen ke dalam masakan untuk mendapatkan lemak baik tersebut.

Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami, serta dipercaya dapat mengobati penyakit asam lambung. Hal ini dikarenakan pada lidah buaya bermanfaat meredakan panas dalam dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan saponinnya mempunyai kemampuan antiseptic, sedangkan kandungan antrakuinon dan kuinonnya berkhasiat sebagai antibiotik, penghilang rasa sakit, dan merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit.

Selain itu, kandungan mukopolisakarida di dalam lidah buaya juga berguna untuk memulihkan radang, termasuk radang saluran pencernaan dan arthritis. Kamu bisa mengonsumsi lidah buaya dalam bentuk minuman. Selain itu, kamu juga bisa mengolahnya sebagai pengental untuk membuat masakan.

Jahe

Selain memberikan rasa hangat dalam tubuh, jahe juga bisa mengurangi risiko naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan adanya kandingan antiradang di dalam jahe yang dipercaya bisa mengatasi masalah pencernaan dan dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung atau maag.

Daging Tanpa Lemak

Mengonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung. Jika kamu ingin mengonsumsi daging, ikan, dan makanan laut lainnya, kamu bisa memilihnya yang tidak memiliki lemak, tanpa kulit. Kemudian olah daging tersebut dengan cara dipanggang, direbus, dikukus atau dibakar.

Memilih asupan makanan yang tepat merupakan cara efektif mencegah maag kambuh dan asam lambung naik. Bagi kamu yang memiliki masalah asam lambung coba konsumsi makanan di atas tadi ya!

Demikianlah pokok bahasan Artikel ini yang dapat kami paparkan, Besar harapan kami Artikel ini dapat bermanfaat untuk kalangan banyak. Karena keterbatasan pengetahuan dan referensi, Penulis menyadari Artikel ini masih jauh dari sempurna, Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar Artikel ini dapat disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Sumber: hot.liputan6.com

0 Response to "8 Makanan Ini Baik Dikonsumsi untuk Penderita Asam Lambung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel